Pesona Wisata Aceh (NAD)

Ingat Aceh,Saya ingat pula masa kecil Saya di sana.Tahun 1987 Saya pernah numpang lahir di Aceh,tepatnya daerah Transmigrasi Jantho,Kota Jantho Baru,Kec.Seulimeum Kab. Aceh Besar. Menurut cerita Ibu,tidak lama berselang setelah Saya lahir Ibu membawa Saya ke Boyolali Jawa Tengah dan tinggal di Jawa sampai kelas 2 Sekolah Dasar (SD).Tahun 1996 Ibu mengajak ke Aceh lagi hingga tahun 2000.Saya melanjutkan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dari kelas 3 saat itu.Sebelum Tsunami 26 Desember 2004,Saya sudah di Jawa lagi hingga sekarang.


Dulu seingat Saya,banyak tempat Wisata yang sempat Saya singgahi pada hari libur,di antaranya Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh yang megah,Air Terjun nya yang indah,hingga pantai pantai nya yang mempesona.


Saya akan berbagi informasi tentang keindahan Alam Indonesia,semoga menjadi inspirasi Anda untuk mengisi liburan.


1. MASJID RAYA BAITURRAHMAN - BANDA ACEH


Jika Anda berkunjung ke Aceh,Ada Masjid yang sangat bersejarah yang bernama Masjid Baiturrahman.Masjid Baiturrahman adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Karena Masjid ini sangat luas dan bisa menampung ribuan orang,Masjid Baiturrahman di kenal dengan sebutan Masjid Raya.Bangunan Masjid kebanggaan Masyarakat Aceh ini terletak di Banda Aceh yakni sebuah pusat kota di daerah kabupaten Aceh Besar.


Pada masa peperangan,tercatat pada agresi tentara belanda pada tanggal 10 April 1873,Masjid Raya Baiturrahman di bakar.Namun untuk meredam kemarahan dan bertujuan mendapatkan kembali simpati Rakyat Aceh,Belanda merenovasi Masjid Raya Baiturrahman tersebut.Lalu setelah tragedi tsunami di Aceh di tahun 2004,di lakukan pula renovasi besar besaran lagi hingga sekarang oleh masyarakat dan pemerintah setempat.Seperti apa kemegahan bentuk Masjid Raya Baiturrahman dan keelokanya bisa kita lihat setelah proses renovasi selesai dalam waktu yang tidak lama lagi.


Masjid Raya Baiturrahman mempunyai nilai sejarah dan nilai seni yang tinggi.Maka dari itu,hingga sekarang dan nanti Masjid tersebut merupakan icon tempat wisata keagamaan di Aceh.Masjid Raya Baiturrahman termasuk Masjid termegah di Indonesia dengan ciri khas gaya arsitekturnya yang indah.


Hingga kini Masjid Baiturrahman telah mengalami banyak renovasi.Renovasi demi renovasi di lakukan menjadikan Masjid Raya Baiturrahman saat ini memiliki 1 menara induk,4 menara lain dan 7 kubah. Ditinjau dari berbagai aspek,Masjid Raya Baiturrahman sudah berkembang dengan pesat karena perhatian masyarakatnya. Menurut data terkini,Masjid Raya Baiturrahman memiliki Luas sekitar ± 4 Ha dengan lingkungan yang bersih,rumput hijau tertata dengan rapi,kolam besar,menara dan kemegahan bangunan lainnya.


Bagi Anda yang ingin berwisata ke Aceh,hmmm... jangan sampai tidak mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman ini ya.


Selamat menikmati pesona wisata Indonesia ya ^_^


Wisata Impian


Destinasi Wisata
MASJID BAITURRAHMAN

Lokasi
Alamat :
Jl. Masjid Raya Baiturrahman, Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, Indonesia


Informasi Umum

Nama Bandara Terdekat : Bandara Sultan Iskandar Muda
Bahasa Penduduk Lokal : 1. Bahasa Aceh
2. Bahasa Indonesia
Tarif Karcis : Gratis

Refferensi
Agen Travel : MMBC Tour & Travel



Googgle Map




^_^ Selamat Berwisata ^_^






  1. AIR TERJUN SUHOM


Ini adalah destinasi wisata yang juga perlu kita tahu,yakni Air terjun Suhom.Lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Banda Aceh,membuat Air Terjun Suhom menjadi wisata alam favorit baik untuk wisatawan lokal dan mancanegara.Dalam masa liburan banyak masyarakat yang memanjakan mata melihat curahan Air Terjun Suhom yang jernih.Panorama Alam di sekitarnya menjadikan fikiran yang semula penat,bisa rileks dan fresh seketika.


Ada nama lain yang di miliki Air Terjun Suhom,masyarakat sekitar menyebutnya dengan Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala.Di sebut Krueng Kala karena Air terjun ini berada di desa Krueng Kala.Salah satu desa di Kecamatan Lhoong,Kabupaten Aceh Besar.


Air Terjun Suhom mencurah dari ketinggian sekitar 30 meter dengan pemandangan alam di sekitarnya yang selalu terasa sejuk dan memanjakan mata setiap wisatawan yang berada di sana.Pada waktu tertentu,terdapat banyak wisatawan menginap di lokasi Air Terjun dengan cara bercamping bersama keluarga.Di sela sela keindahan alam di Air Terjun Suhom terdapat pula Pohon Durian.Jka Anda sekeluarga berwisata tepat di musim durian,Anda bisa menikmati legitnya Durian dengan harga yang relatif murah bersama keluarga Anda.


Jalan menuju air terjun harus di lalui dengan berjalan kaki terlebih dahulu,Anda harus melewati jalan yang kadang naik berkelok dan menurun,namun jangan khawatir karena pemandangan indah pegunungan Paro dan Kulu menjadi teman Anda saat berjalan kaki.Sesekali anda akan menjumpai banyak monyet yang meminta makanan yang mungkin sedang anda bawa dan menarik perhatian mereka,jadi tidak perlu kaget ya,lebih baik tetap bersikap tenang dan terus berjalan,jika ingin berbaik hati memberi makanan untuk kawanan monyet juga tidak masalah.Sampai saat ini belum pernah ada monyet yang menyerang atau melukai pengunjung kok,jadi,tidak perlu cemas ya.


Selamat menikmati pesona wisata Indonesia ya ^_^


Wisata Impian


Destinasi Wisata
AIR TERJUN SUHOM

Lokasi
Alamat :
Desa Krueng Kala, Kecamatan Lhoong. Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam.


Informasi Umum

Nama Bandara Terdekat : Bandara Sultan Iskandar Muda
Bahasa Penduduk Lokal : 1. Bahasa Aceh
2. Bahasa Indonesia
Tarif Karcis : Rp 5000

Refferensi
Agen Travel : Traveloka.com


Googgle Map


Selamat Berwisata ^_^







  1. Pantai Lampuuk, Aceh Besar
Bagi Anda yang menggemari olahraga Air,seperti berselancar dan menyelam,Anda bisa melakukan kegemaran Anda di Pantai Lampuuk – Aceh Besar.Ombak yang sedang pasti akan menyempurnakan kegiatan berselancar Anda.Keindahan alam bawah laut juga akan memanjakan mata Anda saat menyelam.


Setelahnya Anda bisa berjalan santai di pantai pasir putih dengan semilir Angin segar di Sore hari.Pemandangan matahari sesaat sebelum tenggelam bisa Anda nikmati bersama pasangan,atau keluarga tercinta Anda.


Jika perut mulai lapar,Anda kemudian bisa mencoba berbagai hidangan masakan seafood di warung lokal.Seperti beraneka masakan cumi-cumi,udang,kerapu dan lainnya bisa Anda temukan,termasuk minuman segar seperti Es Kelapa Muda bisa menjadi pilihan tepat saat Anda haus.
Perjalanan bisa di tempuh dengan kurang lebih 1 jam dari Banda Aceh.Tak Jauh dari pusat kota membuat Pantai Lampuuk menjadi pilihan banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.


Tsunami di tahun 2004 menjadikan Pantai Lampuuk tidak bisa di kunjungi.Namun Tak berselang lama,Pantai Lampuuk di benahi oleh pemerintah bekerjasama dengan masyarakat sekitar.Alhasil seiring stabilnya perekenomian di Aceh,keindahan Pantai Lampuuk kini bisa tetap di nikmati oleh banyak orang.


Kegiatan mengisi liburan lain di Pantai Lampuuk adalah mengunjungi konservasi penyu di daerah Babah Dua.Kunjungan ke konservasi penyu tersebut bisa menjadi ajang pendidikan kepada anak Anda tentang bagaimana melestarikan alam.Berlibur,bermain sambil belajar,pasti menyenangkan.


Selamat menikmati pesona wisata Indonesia ya ^_^




Wisata Impian


Destinasi Wisata
PANTAI LAMPUUK

Lokasi
Alamat :


Informasi Umum

Nama Bandara Terdekat : Bandara Sultan Iskandar Muda
Bahasa Penduduk Lokal : 1. Bahasa Aceh
2. Bahasa Indonesia
Tarif Karcis : Rp -

Refferensi
Agen Travel :


Googgle Map


Selamat Berwisata ^_^













  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment