Pesona Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta

1. KERATON YOGJAKARTA

Yogyakarta adalah daerah yang di anggap ISTIMEWA oleh pemerintah Indonesia.Banyak yang beranggapan bahwa Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu pusat Budaya di Jawa. Secara turun temurun,Istana Yogyakarta menjadi tempat utama Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Dari sisi lain Keraton Yogyakarta berfungsi sebagai museum yang menampilkan benda-benda bersejarah yang di miliki oleh Keraton Yogyakarta itu sendiri.

Keraton Yogyakarta di bangun pada tahun 1755 oleh Pangeran Mangkubumi ( Sultan Hamengku Buwono I ),terletak di antara dua sungai besar yang di perhitungkan sebelumnya sebagai pencegah banjir.Dalam sejarah tercatat bahwa Keraton Yogyakarta merupakan sebuah istana megah yang menjadi singgasana raja-raja Mataram.

Pada bulan Juni 1812 Belanda merebut Keraton Yogyakarta setelah di lakukan penyerangan besar-besaran.Keadaan ketika itu sangat kacau,penjarahan terjadi dan keributan ada dimana-mana.Hari itu Kesultanan Yogyakarta benar-benar tunduk kepada Belanda.

Sejarah terus berlanjut dari generasi ke generasi.Dalam sejarah tercatat pula bahwa bentuk Istana sebagian besar di kembangkan dan di bangun oleh Sultan Hamengkubuwobo ke VIII pada tahun 1921 hingga 1939.Namun Yogyakarta mengalami Gempa Bumi pada tahun 1876 dan pada tahun 2006,itu cukup membuat bangunan keraton Yogyakarta rusak parah.Setelahnya di lakukan pembenahan dan pembangunan kembali hingga sekarang

Jika Anda berwisata ke Yogyakarta,sempatkan mengunjungi Keraton Yogyakarta.Sekali lagi bahwa ini merupakan tempat bersejarah.Apalagi kalau berwisata bersama anak-anak Anda,wisata keraton Yogyakarta bisa menjadi edukasi sejarah.Anda akan berkesempatan melihat barang bersejarah koleksi Keraton Yogyakarta dari dekat seperti benda pusaka (keris,tombak dll),Lukisan,Alat Musik (Gong,gamelan dll) dan banyak lagi.Keraton Yogyakarta pasti memberikan Anda dan keluarga sebuah pengalaman yang tidak terlupakan.

Sebagai informasi bahwa tiket berwisata ke Keraton Yogyakarta adalah sebagai berikut ;

  1. Wisatawan Lokal : IDR 7000,-
  2. Wisatawan Asing : IDR 12.500,-
  3. Tiket Kamera : IDR 1000,-

Catatan : Jam Buka 09.00 – 14.00 WIB


2. AIR TERJUN SRI GETHUK

Yogyakarta memang mempunyai wisata yang komplit.Dari tempat bersejarah Indonesia,sampai wisata alamnya yang juga tak kalah menarik.Keramahtamahan Yogyakarta menjadi nilai plus bagi wisatawan asing maupun mancanegara.Kebudayaan yang di pertahankan oleh Sultan di Yogyakarta menuntun masyarakatnya menjadi masyarakat berkarakter dan bermartabat.

Kali ini kita akan mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk,yakni salah satu Air Terjun paling terkenal di Gunung Kidul,Yogyakarta.Air Terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran,Desa Bleberan,Playen,Gunung Kidul,Yogyakarta.Anda dan keluarga akan di ajak menyusuri Sungai Oya oleh pengelola sebelum sampai di Air Terjun yang memiliki suasana khas adem ini.Adem alamnya Adem pula airnya.

Anda dan keluarga bisa melihat dasar aliran Air saking jernihnya Air Terjun Sri Gethuk.Keunikan Air Terjun Sri Gethuk yang perlu di ketahui adalah air jernih yang jatuh dari ketinggian tidak langsung mengalir ke sungai lepas,melainkan melewati banyak curam curam kecil dan bebatuan khas Sri Gethuk.

Dengan tarif tiket IDR 7.000,- saja,Anda akan betah berlama-lama,berselfie ria di sana.

3. PANTAI BARON

Ada yang mengatakan bahwa di namakan Pantai Baron karena masyarakat setempat mengambil dari nama seseorang yang dulu pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini,namanya adalah Baron Skeber.Oleh karenanya di namakan Pantai Baron.Pantai Baron berada di Desa Kemadang,masih di wilayah kecamatan Tanjungsari,daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda dan keluarga boleh berenang sepuasnya di Pantai Baron,tetapi tidak boleh terlalu ke tengah laut karena banyak spot berbahaya di sana.Jarak aman berenang biasanya di tandai oleh penjaga pantai,penting untuk di mengerti mengenai batas berenang tersebut untuk keamanan.Sejauh mematuhi aturan yang ada,Anda dan keluarga tidak perlu khawatir.
Selain panorama alam yang menarik yang bisa anda saksikan dari atas bukit dan udara yang selalu berhembus di pantai ini,anda bisa menemukan keunikan aliran air tawar yang bertemu dengan air asin.Taukah Anda bahwa pertemuan antara Air Asin dan Air Tawar sangat di sukai ikan ? Hmm.. Anda bisa buktikan sendiri di pantai ini.

Yang perlu Anda juga tahu bahwa tidak jauh dari are parkir pantai baron terdapat banyak penginapan,termasuk hotel yang nyaman ada di sana.Selain itu mungkin bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin menemui suasana berbeda,anda bisa berkunjung ke tempat pelelangan ikan,menunggu anak bermain di wahana yang ada,atau di tanggal 1 Suro (Tanggal Jawa) ada upacara adat yang bisa anda ikuti.Upacara Adat yang sering di lakukan oleh masyarakat sekitar adalah SEDEKAH LAUT oleh Nelayan.

Akan banyak kenangan indah Anda jika berkunjung ke Pantai Baron.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment