Pesona Wisata Banten

1. MASJID AGUNG BANTEN

Masjid Agung Banten merupakan masjid yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.Tercatat bahwa Masjid Agung Banten di bangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin,beliau adalah Sultan Pertama dari Kesultanan Banten pada masanya.Jika Anda pernah mendengar Nama Sunan Gunung Jati,yakni tokoh penting dalam penyebaran Agama Islam,Nah,Sultan Maulana adalah putra dari Sunan Gunung Jati.

Arsitektur bangunan Masjid Agung banten yang khas itu adalah hasil karya seorang Tjek Ban Tjut,yakni Arsitek asal Cina.

Di sisi lain lingkungan Masjid Agung banten terdapat lokasi pemakaman keluarga sultan,antara lain ;
  1. Pemakaman Sultan Maulana Hasanuddin
  2. Pemakaman Sultan Ageng Tirtayasa
  3. Pemakaman Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar
  4. Pemakaman Sultan Zainul Abidin

Jika berkunjung ke Masjid Agung Banten ini,Anda dan keluarga juga bisa berziarah ke Pemakaman Sultan – Sultan yang merupakan tokoh penting penyebaran Agama Islam di masanya.

Satu lagi yang tampak menonjol adalah Menara Masjid.Menara Masjid Agung Banten memiliki tinggi sekitar 25 Meter.Anda dan keluarga bisa naik hingga ujung menara dan bisa melihat pemandangan alam dari atas.Hal itu adalah momen yang sayang jika terlewatkan.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Masjid Agung Banten sekaligus berziarah ke Pemakaman Sultan,Masjid ini terletak di Desa Banten Lama.Perjalanan bisa Anda tempuh sekitar 30 Menit dari Kota Serang.


2. AIR TERJUN CURUG GENDANG

Air Terjun Curug tercurah dari ketinggan sekitar 10 meter dengan pesona Alam sekelilingya yang hidum,cocok untuk melepas penat Anda dan keluarga.

Taukah Anda bahwa nama "Curug" di ambil dari bahasa sunda yang berarti "Air Terjun",sedangkan "Gendang" merupakan satu nama alat musik tradisional. Masyarakat sekitar biasa menyebut dengan "Curug Gendang" karena suara yang di hasilkan oleh jatuhnya air terjun seperti tabuhan alat musik gendang.Maka dari itu nama “Curug Gendang” menjadi nama julukan yang kian terkenal.

Akses sampai di tempat parkir menuju ke Air Terjun Curug Gendang sebenarnya tidak terlalu sulit.Perjalanan dari Jl. Raya Carita bisa di tempuh dalam waktu 15 menit saja.Namun begitu,sesampainya di tempat parkir mobil untuk menuju ke curah Air Terjun Anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang cukup licin dan sedikit lembab.Bagi Anda yang gemar berpetualang di alam seperti wade game atau sejenisnya,tentunya sangat cocok dan bisa menambah pengalaman baru yang mengasyikkan.Selama menyusuri jalan setapak yang berkelok,naik turun,Anda juga akan menemui banyak jenis tumbuhan liar,ada yg kecil bahkan tumbuhan yang menjulang rindang.Sesekali Anda akan di hibur dengan nyayian burung di tengah suara gemericik air dari kejauhan.

Sesampai di Air Terjun Curug Gendang,Anda bisa menikmati segarnya Air dengan berenang dan berendam sepuasnya.Jika tertarik untuk menginap,bisa juga,karena ada tempat yang tidak jauh dari Air Terjun terdapat bumi perkemahan untuk pengunjung.



3. PANTAI ANYER

Pantai Anyer adalah Pantai yang paling terkenal di Banten.Banyak Wisatawan lokal bahkan Manca Negara yang selalu berkunjung ke Pantai Anyer di akhir pekan,liburan akhir tahun atau liburan hari besar nasional.Pantai Anyer bersih,jika sore hari cuaca sedang cerah,Anda bisa menikmati suasana pantai dengan "matahari tenggelamnya" yang indah.

Pantai Anyer memiliki pasir putih,wahana bermain dan penginapan yang nyaman.Anda bisa berlibur dengan keluarga dan menghabiskan waktu dengan tidak perlu berfikir kehabisan ide,karena di Pantai Anyer ada penyewaan perahu,banana boot,berenang di kolam dengan permainan "gebuk bantal" dan banyak lagi.Berlibur di Pantai Anyer adalah pilihan tepat bagi Anda sekeluarga.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment