Pesona Wisata Bangka Belitung

1. RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO

Taukah Anda bahwa Bapak Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia,yakni Bung Karno pernah di asingkan?hmmm... ya,menurut sejarah,ternyata setelah Agresi Militer Belanda yang ke dua,Bung Karno ketika itu tetap di anggap "berbahaya" untuk Belanda,sehingga pada bulan february 1949 Bung Karno di Asingkan ke Muntok,Bangka.

Bahkan tercatat bahwa tidak hanya Bung Karno saja yang di Asingkan oleh belanda.Namun juga para pemimpin-pemimpin Bangsa Indonesia yang di anggap "mengganggu" kepentingan Belanda ketika itu.Seperti Bung Hatta,Agus Salim, Komodor Surya Darma, Assa'at, Pringgodigdo,Ali Sastroamidjodjo,dan lainya.Di Mentok,tempat pengasingan Bung Karno ini masih ada beberapa barang-barang miliki Bung Karno.

  • Ruang Rapat
    Di salah satu ruangan,terdapat ruangan yang konon menjadi tempat untuk pertemuan-pertemuan penting Bung Karno.Meja dan kursi jadul masih terihat sangat terawat.
  • Mobil Berplat B10
     Di rumah pengasingan ini kita bisa menemukan Mobil Operasional Bung Karno di masa itu.Walaupun mesin mobil terseb ut sudah tidak ada lagi,namun nuansa "sejarah" mobil tersebut masih begitu bisa di rasakan.
  • Tempat Tidur
    Tampak sederhana,tempat tidur Bung Karno terlihat.Terdapat pula lemari dan kamar mandi di sisi lain tak jauh dari tempat tidur tersebut.
  • Foto-Foto
    Foto bersejarah banyak di pasang pada dinding dinding rumah,melihatnya membuat kita berhayal jauh ke belakang,menembus lorong waktu seolah kita turut berjuang melawan penjajah.
  • Monumen
    Di depan Rumah Pengasingan Bung Karno kemudian dibangun Tugu Proklamasi oleh Bung Hatta sebagai simbol bahwa Bangka Belitung adalah bagian dari sejarah Indonesia.

Dari pusat kota Muntok,wisatawan harus menempuh kurang lebih 4 km ke gunung Menumbing. Di sanalah rumah pengasingan Bung Karno berada.Karena jalan yang cukup kecil dan agak curam,Anda harus ekstra hati-hati ya.





2. AIR TERJUN GUROK BERAYE
Lokasi Air Terjun Gurok Beraye terletak di Lereng Gunung Tajam.Pemandangan sekitar masih tampak Asri walau musim kemarau melanda.Air nya begitu jernih dan sejuk,cocok untuk mandi berendam.

Di sekitar Air Terjun terdapat tempat bermalam,bukan hotel mewah,melainkan hanya lokasi untuk berkemah.Jadi,tak ada salahnya di coba berkemah bersama keluarga Anda di sana untuk menjemput udara pagi di keesokan harinya yang mendamaikan.



3. PANTAI DI PULAU KETAWAI

Pulau ketawai merupakan pulau yang tak berpenghuni.Salah satu pantai di pulau ini adalah kekayaan Alam Indonesia yang bisa di nikmati wisatawan,termasuk Anda juga tentunya.Pulau Ketawai memiliki pantai dengan keindahan alam bawah laut yang membuat kita bisa berdecak kagum.

Pulau Ketawai berada di Provinsi Bangka Belitung.Tepatnya di Desa Kurau Kecamatan Koba Kabupaten Kurau.Wisatawan bisa menempuh perjalanan Air dengan menyewa perahu nelayan setempat.Penyeberangan dari Desa Kurau kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai di Pulau Ketawai.Selama penyeberangan itu,wisatawan bisa menyaksikan pepohonan mangrove yang berjajar indah.

Sepanjang pesisir pantai pulau Ketawai memiliki pasir putih yang sangat lembut.Air laut di sana juga sangat jernih sehingga tak heran wisatawan bisa melihat keindahan bawah laut dengan mudah.Rumput laut dan terumbu karang mendominasi kekayaan dasar laut di Pulau Ketawai.Selain itu ikan ikan kecil warna warni juga akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke sana.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment