Pesona Wisata Bali


1. MONUMEN BAJRA SANDHI

Design Monumen Bajra Sandhi di buat oleh seorang Mahasiswa Universitas Udayana yang bernama Ida Bagus Yadnya.Mahasiswa dengan jurusan Arsitektur tersebut memenangkan sayembara design monumen pada tahun 1981 yang di adakan oleh pemerintah bali pada masa itu. Deangan keahlian khusus,Ida Bagus Yadnya mendesign dengan penjabaran detil,seperti untuk mengenang hari kemerdekaan Indonesia,dia menentukan jumlah anak tangga yang ada di pintu utama berjumlah 17,untuk mengenang tanggal hari kemerdekaan.Begitu juga ada terdapat 8 tiang besar dalam gedung,tinggi monumen adalah 45 meter yang melambangkan bulan dan tahun kemerdekaan indonesia.

Berikut 5 (lima) di antaranya yang melambangkan Mitologi Pemutaran Gunung Mandara Giri ;

1.Bangunan Museum yang tinggi melambangkan Gunung Mandara Giri
2.Bentuk Kumba yang berada di atas museum melambangkan Guci Amertha
3.Naga Melilit Museum melambangkan Naga Basuki.
4.Kura-kura pada bagian bawah museum melambangkan Bedawang Akupa yang digunakan sebagai alas Pemutaran Mandara Giri.
5.Kolam yag ada di sekitar Museum melambangkan Lautan Susu yang mengelilingi Mandara Giri.

Pemutaran Gunung Mandara Giri adalah mitologi tentang pencarian Tirta Amertha yaitu Mata air suci kehidupan abadi.

Karena di dalam monumen ini di simpan pula koleksi benda-benda bersejarah,maka monumen ini di sebut juga sebagai museum Bajra Sandi.Setiap bentuk dan sentuhan seni pada Museum ini memang mempunyai makna dan lambang tersendiri.Monumen Bajra Sandi ini di bangun sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan bali serta melambangkan semangat mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Monumen Bajra Sandi di resmikan oleh Presiden Megawati pada bulan Juni 2003,lalu pada awal Agustus 2004 pelayanan kepada wisatawan asing dan mancanegara sudah mulai di berlakukan.Sejak saat itu Monumen Bajra Sandi di banjiri oleh pendatang.

Terutama pada sore hari akhdanir pekan,banyak aktifitas yang dilakukan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara seperti hanya sekedar jalan-jalan, bersenda gurau,hingga aktifitas olahraga lain seperti bersepada dan sepak bola.Bagi sebagian wanita terlihat beramai-ramai melakukan aktifitas senam dan Yoga. Pohon dan Taman telah di sediakan oleh pengelola untuk kenyamanan Wisatawan.

Monumen ini terletak di Lapangan Niti Mandala Renon yang terawat dengan baik,yakni persis di depan Kantor Gubernur Bali dan Kantor DPRD Bali. Akes mudah bisa Anda tempuh bersama keluarga jika berkunjung ke Monumen ini karena tepat di tengah kota Denpasar – Bali.





2. AIR TERJUN ALING ALING – BALI
 
Ada tempat favorit wisatawan lagi di bali,namanya Air Terjun Aling-Aling.Hijaunya alam sekitar Air terjun,udara segar,dan lekuk jalan menuju curahan Air terjun Aling-Aling mempunyai ciri khas yang bakal memanjakan mata Anda dan keluarga.Suasana alam yang mengagumkan di Air Terjun Aling-Aling membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Curahan Air Terjun Aling-Aling mempunyai ketinggian sekitar 40 meter.Dari pusat curah Airnya yang terbelah dua,di antara tebing curam dan hijaunya pohon,lagi lagi menjadikan panorama alam indah menjadikan suasana yang cocok untuk berfoto ria bersama keluarga Anda.

Sajian alam yang indah ini tersaji di kawasan Bali Utara,tepatnya di Kabupaten Buleleng.lokasinya yang berdekatan dengan pusat keramaian kota, Singaraja.



Lokasi
Lokasi wisata Air Terjun Aling-Aling ada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Berjarak sekitar 110 km dari Bandara Ngurah Rai yang bisa ditempuh sekitar 3 jam.




3. PANTAI NUSA DUA – BALI

Ini merupakan tempat wisata pantai paling wajib di kunjungi Anda jika berlibur ke Bali. Alasannya adalah Pantai Nusa Dua merupakan pantai paling bersih,terawat dan punya pesona alam yang sangat Indah.Yang pasti,pantai Nusa Dua adalah pantai yang paling terkenal di Bali.

Di pantai Dua Nusa terdapat dua pantai yang perlu Anda tahu,yakni Pantai Geger dan Pantai Mengiat.Keduanya memiliki pesona menawan dengan ombak yang tidak terlalu besar,sehingga cocok untuk rekreasi bersama Anak Anda dan keluarga.

Yang mengesankan dan perlu di contoh oleh pengelola pantai di Indonesia adalah di Nusa Dua banyak petugas yang secara rutin membersihkan sampah di bibir pantai,sehingga sampai saat ini Pantai Nusa Dua tetap ramai di kunjungi oleh Wisatawan Lokal maupun Wisatawan Asing.
Lokasi Pantai Nusa Dua tidak jauh dari Bandara International Ngurah Ray,tidak sampai 1 Jam Anda pasti bisa sampai di Pantai dan menikmati liburan Anda bersama keluarga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment